Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cepat & Mudah, Begini Cara Memotong Ayam Jadi 8, 10, 12 Bagian Yang Benar

Memotong ayam merupakan salah satu bagian atau proses yang harus dilakukan oleh para pedagang, baik bagi penjual fried chicken, pecel ayam, warteg, nasi padang dan lain sebagainya. Meski proses ini biasanya bisa kita serahkan kepada penjual ayam di pasar atau di pangkalan ayam, atau dengan kata lain kita tinggal terima beres, namun dengan berbagai alasan terkadang kita harus melakukan sendiri pekerjaan memotong ayam tersebut.

Memotong ayam menjadi beberapa bagian atau biasa disebut juga dengan parting ayam bisa dilakukan dengan menggunakan mesin parting ayam maupun dipotong manual menggunakan golok yang tajam. Bagi pemula yang belum pernah melakukannya, proses potong ayam mungkin akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun seiring berjalannya waktu, tentu saja hal tersebut akan dapat dilalui dengan mudah dan lebih cepat karena sudah terbiasa.

Cara Potong Ayam 10 Bagian
Cara potong ayam 10 bagian

Pada dasarnya memotong ayam menjadi 8, 10, 12 bagian atau lebih memang tidak terlalu sulit, hanya perlu memperbanyak praktek atau jam terbang saja. Selain itu, untuk mendukung proses agar lebih maksimal jangan lupa siapkan golok yang tajam juga talenan yang cukup lebar. Golok yang tumpul tentu akan membuat proses potong ayam menjadi tidak maksimal sehingga bukan tidak mungkin akan memakan waktu yang cukup lama.

Begitu juga dengan tatakan atau talenan yang digunakan, jika kurang lebar tentu juga akan membuat proses potong ayam menjai kurang nyaman. Talenan kayu berbentuk bulat dengan diamater 30cm atau lebih sudah cukup ideal untuk proses memotong ayam. Jika diperlukan, sebelum memotong siapkan juga celemek agar baju yang Anda gunakan tidak kotor karena terkena cipratan darah maupun daging ayam.


Cara Potong Ayam 8 Bagian

Seperti telah disinggung sebelumnya diatas, pada dasarnya memotong ayam menjadi beberapa bagian relatif mudah dan bisa kita tentukan sendiri jumlah potongannya. Salah satu yang cukup umum atau banyak dipakai adalah jenis parting ayam menjadi 8 bagian. Biasanya banyak digunakan oleh para pedagang pecel ayam, warteg, nasi padang, fried chicken maupun untuk konsumsi pribadi. Cara potong ayam 8 bagian sendiri tentu sangat mudah dan cepat.

Biasanya ayam yang digunakan adalah ayam dengan ukuran 1kg kebawah. Lalu untuk cara memotong atau membaginya menjadi 8 bagian adalah dengan memotong ayam menjadi 2 bagian terlebih dahulu, yakni bagian atas (dada + sayap) dan bagian bawah (paha bawah + paha atas). Setelah terbagi menjadi 2 bagian, pada bagian paha dibagi atau dibelah menjadi 2 bagian lagi kanan dan kiri dan dilanjutkan dengan memisahkan paha bagian bawah dan atas.

Lakukan hal yang sama pada potongan bagian atas (dada + sayap) yakni membelahnya menjadi 2 bagian kanan dan kiri, lalu dilanjutkan dengan membagi bagian tersebut masing-masing menjadi 2 bagian lagi, yakni dada bagian atas bareng dengan sayap dan dada bagian bawah yang biasa orang menyebutnya dengan dada mentok. Sampai tahap ini berarti sudah kita dapatkan 8 potongan sesuai yang kita butuhkan.

Jadi, pada jenis potongan ayam 8 bagian akan kita dapatkan berupa 2 buah paha bawah atau biasa disebut juga dengan paha upin ipin, kemudian 2 buah paha atas, lanjut lagi dengan 2 buah sayap atau dada atas dan 2 buah dada bawah atau dada mentok.


Cara Potong Ayam 10 Bagian

Cara Potong Ayam 10 Bagian

Cara memotong ayam menjadi 10 bagian pada dasarnya hampir sama saja dengan cara potong ayam jadi 8 bagian diatas. Langkah-langkah yang dilakukan boleh dibilang sama persis, hanya saja pada bagian atas atau bagian dada dan sayap, setelah dibelah menjadi 2 bagian maka pada masing-masing bagian kanan-kiri dipotong lagi menjadi 3 bagian. Sedangkan pada bagian bawah atau paha, masih sama seperti sebelumnya yakni dibagi menjadi 2 paha bawah dan 2 paha atas.

Jadi pada jenis parting ayam 10 bagian akan kita dapatkan berupa 2 buah sayap, 4 buah dada, 2 buah paha bawah dan 2 buah paha atas. Agar tidak terlalu kecil maka ayam yang digunakanpun juga harus lebih besar dari sebelumnya, bisa menggunakan ayam ukuran 1,2kg sampai dengan 1,5kg, disesuaikan dengan kebutuhan. Jenis potongan atau parting ini biasanya banyak digunakan oleh para pedangang ayam goreng tepung crispy atau fried chicken.

Namun tentu saja bukan berarti hanya pedangang fried chicken saja yang menggunakan jenis potongan ini. Warteg, nasi padang, dan lain sebagainya bukan tidak mungkin juga mengguakan jenis potongan ayam 10 bagian, menyesuaikan dengan harga yang ditawarkan. Anda juga bisa menyimak video dibawah ini untuk cara potong ayam jadi 10 bagian.

Cara Potong Ayam 12 Bagian

Jika sebelumnya sudah diutarakan mengenai cara potong ayam menjadi 8 dan 10 bagian, lalu bagaimana cara potong ayam jadi 12 bagian? Tidak perlu khawatir, karena hal tersebut sangat mungkin dilakukan karena menyesuaikan dengan kebutuhan dan tentu juga dengan ukuran ayam yang digunakan. Agar tidak terlalu kecil untuk parting ayam jadi 12 bagian idealnya kita gunakan ayam dengan ukuran 1,7kg sampai dengan 2kg.

Proses awalnya sama saja seperti 2 cara sebelumnya, yakni kita bagi dulu ayam menjadi 2 bagian atas dan bawah. Karena disini kita menggunakan ayam dengan ukuran yang cukup besar, maka pada bagian paha atas bisa kita bagi menjadi 3 bagian. Jadi pada bagian bawah total akan kita dapatkan 5 potongan ayam yakni 2 paha bawah + 3 paha atas. Kemudian pada bagian atas, sebelum dibagi menjadi 2 bagian kanan-kiri, kita potong sedikit terlebih dahulu bagian dada bawah (dada mentoknya) setelah itu baru dibelah menjadi 2 bagian.

Setelah terbelah menjadi 2, masing-masing kita bagi lagi menjadi 3 potongan atau bagian. Jadi pada bagian atas ini akan kita dapatkan 5 buah potongan dada dan 2 potong sayap, atau total 7 potong. Sehingga total kita dapatan 12 potongan ayam yang terdiri dari 5 buah dada, 3 buah paha atas, 2 buah sayap dan 2 buah paha bawah.


Itulah tadi kurang lebih gambaran atau panduan cara potong ayam menjadi 8, 10 dan 12 bagian yang dapat kami bagikan. Cara yang kami sampaikan diatas merupakan cara yang biasa kami lakukan ketika melakukan parting ayam untuk Sandita Fried Chickendan bukan tidak mungkin berbeda dengan cara yang dilakukan oleh orang lain. Maka dari itu, apabila ada perbedaan cara ataupun penyampaian mohon dimaklumi. Sejauh ini, cara diatas merupakan cara yang termudah dan yang biasa kami gunakan.

Cara yang kami sampaikan diatas tentu juga bukan merupakan patokan standar yang harus diikuti sama persis, karena seperti telah disinggung sebelumnya semua kembali lagi dengan kebutuhan atau menyesuaikan dengan harga modal beli ayam dengan harga jual kembali. Untuk itu, jika Anda memiliki informasi lain seputar cara memotong ayam menjadi beberapa bagian, jangan sungkan untuk berbagi dengan kami melalui kolom komentar yang tersedia dibawah.

Post a Comment for "Cepat & Mudah, Begini Cara Memotong Ayam Jadi 8, 10, 12 Bagian Yang Benar"