Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Potong Ayam Jadi 12, 13, 14 Bagian untuk Fried Chicken

Halo sobat Sandita Fried Chicken, pada kesempatan kali ini Admin kembali ingin berbagi informasi seputar cara potong ayam jadi 12, 13, dan 14 bagian yang biasa digunakan untuk berjuala ayam goreng tepung crispy atau yang lebih akrab dengan sebutan Fried Chicken.

Proses memotong ayam menjadi beberapa bagian atau parting ayam sebenarnya bisa juga kita serahkan kepada para penjual ayam potong, kita tinggal sebutkan saja mau dibuat menjadi berapa potong untuk 1 ekornya dan kita tinggal lanjutkan proses selanjutnya di rumah.

Cara Potong Ayam Untuk Fried Chicken
Cara Potong Ayam Untuk Fried Chicken

Namun adakalanya kita harus memotong sendiri ayam yang kita beli karena berbagai sebab atau alasan, seperti misal agar lebih cepat karena tidak harus antri di penjual ayam, bisa juga karena jika kita memotong sendiri terkadang ada ayam yang ukurannya lebih besar yang bisa kita buat lebih jumlah potongannya. Misal biasanya jadi 10 bisa kita buat menjadi 11 potong.

Persiapan Sebelum Memotong Ayam

Parting ayam atau potong ayam jadi 12 bagian lebih ataupun kurang merupakan pekerjaan yang relatif tidak sulit. Namun tentu bukan hal yang mudah juga apabila dilakukan oleh pemula yang bahkan mungkin belum pernah melakukannya sama sekali. Maka dari itu melalui informasi ini diharapkan bisa membantu para pemula yang sedang mencari informasi atau belajar cara potong ayam untuk fried chicken, pecel lele, ayam bakar dan lain-lain.

Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan proses memotong ayam menjadi beberapa bagian:

  • Golok atau Pisau yang Tajam
  • Golok Ayam
    Pisau atau Golok yang tajam tentu wajib ada karena ini merupakan salah satu alat utama yang digunakan untuk memotong. Untuk pangkalan ayam atau Rumah Potong Ayam (RPA) selain golok dan pisau biasanya mereka memotong ayam menggunakan mesin parting ayam. Namun untuk kelas rumahan atau pedagan kaki lima, menggunakan golok potong ayam rasanya sudah cukup. Yang penting ketajaman golok atau pisau yang digunakan harus benar-benar tajam agar proses potong ayam lancar.
  • Talenan Kayu Bulat / Talenan Daging
  • Talenan Kayu Bulat
    Selanjutnya ada baiknya siapkan talenan daging yang biasanya terbuat dari kayu dan berbentuk bulat yang akan kita gunakan sebagai tatakan ketika memotong ayam. Biasanya talenan jenis ini ada beberapa ukuran yang tersedia dan dijual dengan harga mulai dari 35 ribuan rupiah, tergantung jenis bahan kayu yang digunakan juga diameter dan ketebalan kayu yang dipakai.
  • Batu Asah / Ungkal Pisau
  • Batu Ungkal Asah Pisau
    Seperti telah disinggung sebelumnya, ketajaman pisau atau golok ayam yang akan digunakan untuk memotong merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Golok yang kurang tajam bisa menghambat proses pemotongan dan cukup memakan waktu. Selain itu, golok atau pisau yang kurang tajam juga bisa membuat hasil potongan menjadi kurang rapi atau hancur karena terlalu sering terkena tebasan golok.
  • Ayam
  • Selanjutnya yang wajib disipakan adalah ayam yang akan dipotong menjadi beberapa bagian. Namanya juga mau motong ayam, ya sudah pasti dong harus ada ayam yang akan dipotong, hehehe. Dari penjual ayam potong atau RPA biasanya kita dapat ayam yang sudah di sembelih dan dibersihkan dari bulu dan juga jeroannya. Jadi kita tinggal eksekusi proses pemotongan ayam menjadi beberapa bagian sesuai dengan kebutuhan kita.

Cara Potong Ayam Jadi 12, 13, 14 Bagian

Setelah beberapa alat yang dibutuhkan untuk memotong ayam sudah siap begitu juga dengan ayam yang akan dipotong, kita masuk pada tahap selanjutnya yakni proses pemotongan ayam menjadi beberapa bagian.

Cara Potong Ayam Jadi 12 13 14 Bagian

  • Cara Potong Ayam Jadi 12 Bagian

  • Kita mulai dengan cara memotong ayam menjadi 12 bagian terlebih dahulu, dimana biasanya Admin menggunakan ayam dengan bobot kurang lebih 1,5kg sampai dengan 1,6kg timbang hidup untuk hal ini. Untuk berat ayam sendiri, tentu bisa saja berbeda dengan yang digunakan oleh Anda atau pedangang lainnya. Karena pada dasarnya, pembagian potongan ayam ini tentu juga menyesuaikan dengan modal pembelian ayam dan harga jual yang kita tawarkan.

    Untuk proses pemotongannya, bisa dimulai dengan memotong terlebih dahulu bagian kepalanya untuk selanjutnya membagi ayam menjadi 2 bagian atas dan bawah atau bagian dada dan paha. Lalu pada bagian bawah (paha) kita bagi menjadi 5 bagian yang akan menghasilkan 2pcs paha bawah (paha upin ipin) dan 3pcs paha atas. Lanjut pada bagian atas (atas), kita buat menjadi 7 bagian yang terdiri dari 5pcs dada dan 2pcs sayap.

    Untuk mengetahui seperti apa proses selengkapnya, cara potong ayam jadi 12 bagian ala Sandita Fried Chicken bisa dilihat melalui tayangan video dibawah ini.

  • Cara Potong Ayam Jadi 13 Bagian

  • Lanjut dengan cara memotong ayam menjadi 13 bagian, dimana Admin biasanya menggunakan ayam dengan ukuran atau bobot kurang lebih 1,7kg sampai dengan 1,8kg timbang hidup. Cara untuk melakukannya relatif tidak sulit, langkah-langkahnya hampir sama saja dengan cara memotong ayam menjadi 12 bagian.

    Dimulai dengan memotong bagian kepala, lalu dilanjutkan dengan membagi ayam menjadi 2 bagian atas dan bawah (dada & paha), kemudian dilanjutkan lagi dengan membagi bagian paha menjadi 6 potong yang terdiri dari 2pcs paha bawah (paha upin ipin) dan 4 pcs paha atas. Pada bagian dada sama seperti sebelumnya kita bagi lagi menjadi 7 potong yang terdiri dari 2pcs sayap dan 5pcs dada.

    Untuk lebih memudahkan Anda dalam memahaminya, berikut dapat Anda simak video langkah-langkah cara potong ayam jadi 13 bagian tersebut.

  • Cara Potong Ayam Jadi 14 Bagian

  • Berikutnya kita lanjut informasi mengenai cara memotong ayam menjadi 14 bagian yang cocok digunakan untuk berjualan ayam goreng tepung crispy atau Fried Chicken. Sama halnya dengan 2 cara sebelumnya, langkah-langkah untuk membagi 1 ekor ayam menjadi 14 bagian relatif tidak jauh berbeda. Untuk ukuran ayam yang digunakan, bisa menggunakan ayam dengan bobot kurang lebih 1,8kg sampai dengan 2kg.

    Dimulai dengan memotong bagian kepala dan dilanjutkan dengan memotong ayam menjadi 2 bagian dada dan paha. Lalu masing-masing bagian dibagi lagi menjadi beberapa potongan, yakni pada bagian paha dibuat menjadi 6 potongan yang terdiri dari 4pcs paha atas dan 2pcs paha bawah. Kemudian pada bagian dada dibuat menjadi 8 potongan yang terdiri dari 2pcs sayap dan 6pcs dada.

    Seperti 2 cara sebelumya, berikut kami lampirkan video cara memotong ayam menjadi 14 bagian agar lebih memudahkan Anda dalam memahami tutorial atau informasi yang kami uraikan diatas.

Diatas tadi kurang lebih informasi mengenai apa saja yang harus dipersiapkan dan juga cara untuk memotong ayam menjadi beberapa bagian mulai dari 12 potong sampai dengan 14 potong atau bagian. Seperti sempat disinggung sebelumnya, proses memotong ayam menjadi beberapa bagian atau potongan tentu bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Karena menyesuaikan dengan kebutuhan dan kepantasan ukuran, harga beli dan juga harga jual per potong ke pembeli akhir atau pelanggan.

Begitu juga dengan langkah-langkahnya, tentu tidak harus sama persis dengan yang kami informasikan diatas. Misal tidak harus dimulai dengan memotong kepala terlebih dahulu, cara membagi 2 bagian atas dan bawahnya juga tidak harus sama seperti yang ada di video diatas, dan lain sebagainya. Pada dasarnya selama ayam bisa dipotong menjadi beberapa bagian dengan baik sesuai dengan kebutuhan dan tetap pantas dijual ke pelanggan dengan harga yang sesuai, maka tentu sah-sah saja bagaimanapun cara parting yang digunakan.

Selain beberapa cara memotong ayam yang disebutkan diatas, Admin juga sudah pernah berbagi informasi mengenai cara potong ayam menjadi 10 bagian pada tulisan sebelumnya. Silahkan baca dan pelajari juga informasi tersebut agar semakin banyak informasi atau referensi cara memotong ayam yang bisa Anda praktekkan.

Admin rasa cukup sekian dulu informasi yang dapat kami bagikan untuk kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk sobat Sandita Mania semuanya, terutama yang memang sedang mencari informasi seputar cara potong ayam menjadi beberapa bagian. Jika sobat memiliki informasi lainnya seputar cara pemotongan ayam, atau mungkin ada pertanyaan yang ingin diajukan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang tersedia dibawah.

Post a Comment for "Cara Potong Ayam Jadi 12, 13, 14 Bagian untuk Fried Chicken"