Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memotong Ayam untuk Pecel Ayam & Bakar. 1 Ekor bisa jadi berapa potong?

Halo sobat Sandita mania, pada kesempatan kali ini admin kembali ingin berbagi informasi seputar cara memotong ayam. Jika pada beberapa tulisan sebelumnya bahasan seputar cara potong ayam yang kami bagikan lebih ditujukan untuk jualan fried chicken atau ayam goreng tepung krispi, untuk bahasan kali ini adalah seputar cara memotong ayam untuk pecel ayam yang biasanya jenis potongannya juga digunakan oleh penjual ayam bakar.

Bagi para pedagang ayam potong di pasar, atau para pekerja di pangkalan ayam atau Rumah Potong Ayam (RPA) biasanya sudah hafal mengenai jenis-jenis potongan ayam. Mereka sudah hafal dengan ukuran ayam sesuai dengan peruntukannya, termasuk juga mengenai 1 ekor ayam bisa jadi berapa potong? Begitu juga dengan para pedagang pecel ayam, fried chicken, ayam bakar, dan semacamnya.
Cara potong ayam untuk Pecel Ayam
Namun untuk orang awam, hal-hal seputar ukuran dan jumlah potongan 1 ekor ayam bisa jadi berapa, tentu bisa menjadi salah satu pertanyaan yang mengganjal. Apalagi untuk orang awam yang mungkin sedang berencana untuk memulai sebuah usaha kuliner yang berbahan baku ayam, seperti ayam bakar misalnya, pecel ayam,  fried chicken, maupun jenis olahan makanan berbahan baku ayam lainnya.

Cara Memotong Ayam untuk Pecel Ayam & Ayam Bakar

Kembali pada topik bahasan mengenai cara potong ayam untuk pecel ayam. Jenis potongan ayam untuk pecel ayam ataupun ayam bakar relatif simpel dan mudah dilakukan, karena pada umumnya untuk 1 ekor ayam dengan berat kurang lebih 0,8-1kg akan dipotong menjadi 4 bagian.

Prosesnya dimulai dengan ayam dibagi menjadi 2 bagian atas (dada) dan bawah (paha), kemudian masing-masing bagian tersebut dibagi kembali menjadi 2 bagian, sehingga akan didapatkan hasil potongan berupa 2 buah bagian sayap yang menyambung dengan dada, serta 2 buah bagian paha dimana bagian paha atas dan bawah menjadi 1. Untuk lebih mudah memahami, kurang lebih hasil potongannya adalah seperti pada gambar dibawah ini.
Potongan ayam untuk pecel ayam
Potongan ayam untuk pecel ayam
Jenis potongan diatas merupakan yang umum digunakan oleh para penjual pecel ayam maupun ayam bakar. Sedangkan untuk kebutuhan pribadi seperti misal sedang ada acara kumpul keluarga, atau kumpul-kumpul dengan teman-teman, jenis potongan bisa disesuaikan dengan kebutuhan juga dengan ukuran ayam yang digunakan.

Harga Pecel Ayam Pakai Nasi & Tanpa Nasi

Kita masuk ke bahasan mengenai harga pecel ayam tanpa nasi alias ayamnya saja dilengkapi dengan sambal dan lalapan juga harga pecel ayam pakai nasi. Membahas masalah harga, tentu saja akan berbeda-beda tergantung lokasi berjualan juga tergantung dengan penjualnya sendiri. Jadi, tidak bisa disamaratakan antara penjual satu dengan lainnya, belum lagi untuk lokasi apabila berbeda kota bahkan mungkin berbeda provinsi dan pulau.

Nah, disini admin mencoba berbagi informasi mengenai harga pecel ayam di Kota Bekasi dan Jakarta yang harganya bisanya berkisar antara 15 ribu rupiah hingga 20 ribuan per porsinya. Namun seperti telah disebutkan diatas, beda tempat tentu saja bisa beda lagi harga yang ditawarkan meskipun misal masih sama-sama di Kota Bekasi ataupun masih sama-sama di Jakarta.

Salah satu tips menghindari hal-hal yang tidak diinginkan adalah, jangan sungkan atau malu untuk menanyakan harga terlebih dahulu sebelum memesan pecel ayam atau ayam bakar yang kamu inginkan. Apalagi kalau tempatnya terlihat bonafit atau di tempat-tempat wisata dan keramaian lain misalnya.


Oke, sampai disini dulu saja informasi seputar cara memotong ayam untuk pecel ayam dan ayam bakar yang bisa kami bagikan. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk temen-temen semua, terutama untuk yang mungkin sedang ingin membuka usaha pecel ayam & ayam bakar. Kami do'akan semoga niat baik kamu mendapat kemudahan serta ridho dari Allah swt. Aamiin.

Jika ada pertanyaan, kritik maupun saran seputar informasi yang kami sampaikan diatas, jangan sungkan untuk menyampaikan kepada kami melalui kolom komentar yang tersedia dibawah tulisan ini. Karena selain agar blog ini bisa makin berkembang, kritik serta informasi tambahan dari kamu bisa bermanfaat untuk teman-teman pengunjung blog lainnya.

Post a Comment for "Cara Memotong Ayam untuk Pecel Ayam & Bakar. 1 Ekor bisa jadi berapa potong?"